ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN AKAD MURABAHAH BIL WAKALAH DAN AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN KPR SYARIAH (Studi Kasus Bank BTN Syariah KCP Purwokerto)

ZAKIYA HASNA NUR, NAHARI (2022) ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN AKAD MURABAHAH BIL WAKALAH DAN AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN KPR SYARIAH (Studi Kasus Bank BTN Syariah KCP Purwokerto). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ZAKIYA HASNA NUR NAHARI-1817202135.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia yang memiliki peran penting untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Permasalahan perumahan dan permukiman merupakan masalah yang akan terus bertahan dan berlanjut tergantung pada pertumbuhan penduduk, dinamika demografi dan peningkatan kebutuhan sosial ekonomi. Tingginya permintaan terhadap kebutuhan perumahan dan jumlah penduduk yang terus bertambah memberikan peluang bagi bank syariah untuk menawarkan produk yang dapat membantu masyarakat membeli perumahan. Salah satunya adalah Bank BTN Syariah yang memiliki fasilitas produk pembiayaan KPR Syariah. KPR Syariah merupakan produk sistem perbankan syariah dalam hal pembiayaan kebutuhan pemilikan rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan akad murabahah bil wakalah dan akad musyarakah mutanaqisah serta mengetahui perbandingan kedua akad tersebut pada pembiayaan KPR Syariah. Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau penelitian langsung yang dilakukan di lapangan atau pada informan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Setelah dilakukan penelitian dan analisis, disimpulkan bahwa penerapan akad murabahah bil wakalah lebih banyak dipilih daripada akad musyarakah mutanaqisah kemudian penerapan kedua akad tersebut bisa dilihat dari berbagai aspek yaitu prosedur dan persyaratan pengajuan pembiayaan, cara membayar angsuran, dan kebijakan bank dalam menghadapi nasabah yang melakukan wanprestasi. Kemudian perbandingan antara kedua akad tersebut pada pembiayaan KPR Syariah dapat dilihat dari aspek persamaan dan perbedaan kedua akad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiaayaan KPR Syariah, Akad Murabahah, Akad Musyaraka Mutanaqisah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Zakiya Hasna Nur Nahari sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:30
Last Modified: 11 Oct 2022 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item