MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA PRODI KPI ANGKATAN 2018 PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI

LIA, YULIANTI (2022) MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA PRODI KPI ANGKATAN 2018 PROF K.H. SAIFUDDIN ZUHRI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LIA YULIANTI_MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA PRODI KPI ANGKATAN 2018 UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari tahun ke tahun teknologi komunikasi dan informasi semakin berkembang, hal tersebut ditandai dengan bidang digital yang semakin canggih. Salah satu bentuk kemunculannya yaitu media sosial. Dengan adanya media sosial pengguna dapat berinteraksi, berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan mudah. Terdapat bentuk dari media sosial salah satunya yaitu Twitter. Twitter merupakan jenis media sosial yang berbasis microblog yang penggunannya dapat menulis sampai dengan 240 karakter. Mahasiswa KPI angkatan 2018 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri juga menjadi pengguna media sosial Twitter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif penggunaan media sosial Twitter di kalangan mahasiswa KPI angkatan 2018 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri menggunakan teori uses and gratification. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menjelaskan data dengan cara mendalam. Penelitian ini menggunakan 6 narasumber yang sudah dipilih oleh peneliti yang sesuai kriteria yang diinginkan oleh peneliti. Adapun kriteria tersebut yaitu mempunyai akun pribadi dan mempunyai akun Twitter aktif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa mahasiswa menggunakan media sosial Twitter berdasarkan 5 kebutuhan, kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan. Kebutuhan kognitif digunakan mahasiswa sebagai kebutuhan untuk mencarin informasi. kebutuhan afektif menjadi kebutuhan hal-hal yang menyenangkan. Kebutuhan integrasi mahasiswa dapat menunjukan dirinya dengan sebebas-bebasnya dan menjadi diri mereka sendiri. Kebutuhan integrasi sosial mahasiswa berinteraksi dengan pengguna lain karena adanya kesamaan hobi. kebutuhan pelepasan mahasiswa dalam mengakses media sosial Twitter dalam keadaan senggang atau tidak ada aktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teori Uses And Grattification, Media Sosial, Twitter, Teori Kebutuhan
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lia Yulianti sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:51
Last Modified: 10 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item