PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DI SDN 3 TAMBAKSOGRA KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Nadiya, Setya Indriyani (2022) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DI SDN 3 TAMBAKSOGRA KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nadiya Setya Indriyani_Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Membaca di SDN 3 Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil dari data UNESCO hanya 1 dari 1000 orang Indonesia yang gemar membaca, di mana Indonesia menempati peringkat ke 60 dari 61 negara. Kemudian, pada tahun 2019 terjadi pandemi COVID19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh. Mengakibatkan kualitas perkembangan peserta didik menurun khususnya dalam hal membaca. Hal ini menjadi tantangan bagi para pendidik untuk memberikan kualitas pembelajaran dengan berbagai inovasi, dalam pembelajaran membaca menggunakan metode drill yaitu membaca yang berulang-ulang. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca siswa kelas II di SDN 3 Tambaksogra. Lokasi yang diteliti adalah di SDN 3 Tabaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas dengan sumber data yang di peroleh dari kepala madrasah, wali kelas II, dan peserta didik kelas II. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif berupa kumpulan data berupa kata-kata atau kalimat dari gambaran yang ada dan bukan berupa angka atau perhitungan ini antara lain dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca diawali dengan proses pendahuluan kemudian dalam kegiatan inti guru terlebih dahulu membaca materi pelajaran berupa huruf, kata, dan kalimat yang diulang-ulang sebanyak 1-3 kali dilanjut membaca individu. Dengan membaca berulang-ulang membuat peserta didik merasa terbiasa membaca dengan benar, baik lafal maupun intonasi yang tepat. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Membaca, Bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadiya Setya Indriyani sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:53
Last Modified: 10 Oct 2022 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item