IMPLEMENTASI HYBRID CONTRACT AKAD BERGANTUNG/BERSYARAT (AL-‘UQUD AL-MUTAQABILAH) PADA AKAD PEMBIAYAAN ĪJARAH MUNTAHIYA BITTAMLIK (STUDI KASUS PADA KSU BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO CABANG KARANGLEWAS)

LAELI, ISMIYATI (2022) IMPLEMENTASI HYBRID CONTRACT AKAD BERGANTUNG/BERSYARAT (AL-‘UQUD AL-MUTAQABILAH) PADA AKAD PEMBIAYAAN ĪJARAH MUNTAHIYA BITTAMLIK (STUDI KASUS PADA KSU BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO CABANG KARANGLEWAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELI ISMIYATI_IMPLEMENTASI HYBRID CONTRACT AKAD BERGANTUNGBERSYARAT (AL-‘UQUD AL-MUTAQABILAH) PADA AKAD PEMBIAYAAN ĪJARAH MUNTAHIYA BITTAMLIK (Studi Kasus Pada KSU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan keuangan syariah pada saat ini selaku pihak yang terlibat secara langsung dalam pengembangan ilmu pengetahuan mengenai mu’amalah, akademisi keungan islam dituntut aktif berkontribusi dalam pengkajian mengenai penerapan akad-akad mu’amalah yang kini bermunculan sebagai sebuah bukti bahwa industri keuangan syariah yang makin dinamis dan signifikan. Tak hanya bank syariah, lembaga keuangan mikro seperti BMT pun turut andil dalam menghadapi pesatnya industri ini. Sama halnya yang diimplementasikan di KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto, diamana secara sederhana lembaga keuangan mikro ini telah mengimplementasikan hybrid contract kedalam produk pembiayaan ījarah muntahiya bittamlik. Penelitian ini merupakann penelitian lapangan (field research) yaitu dengan penulis terjun langsung ke lapangan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data kualitatif yakni dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Berdasarkan hasil yang penelitian yang dilakukan penulis dimana KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto menerapkan hybrid contract akad bergantung/bersyarat (al-‘uqud al-mutaqabilah) pada pembiayaan ījarah muntahiya bittamlik (IMBT) namun berdasarkan PSAK 107 tentang ījarah, KSU BMT Dana Mentari hanya melakukan satu metode pemindahan kepemilikan dari empat cara yang ada di dalam PSAK 107.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hybrid contract, al-‘uqud al-mutaqabilah, ījarah muntahiya bittamlik (IMBT)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Laeli Ismiyati sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:45
Last Modified: 10 Oct 2022 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item View Item