MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA PT. CAHAYA MEKKAH MADINAH INDONESIA (CMMI) TOUR AND TRAVEL PURWOKERTO DALAM MELAYANI JAMA’AH HAJI DAN UMRAH

Farida, Nur Anisa (2022) MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA PT. CAHAYA MEKKAH MADINAH INDONESIA (CMMI) TOUR AND TRAVEL PURWOKERTO DALAM MELAYANI JAMA’AH HAJI DAN UMRAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Farida Nur Anisa_1617103009 (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen biro perjalanan wisata sangat diperlukan dengan pesatnya perkembangan teknologi diera digital sekarang. Persaingan bisnis semakin panas dengan berbagai sarana promosi yang dapat di lakukan. Untuk meningkatkan kualitas biro perjalanan perlu adanya manajemen yang berkualitas, sehingga perfoma biro perjalanan tersebut meningkat. Di dalam manajemen terdapat fungsi-fungsi yang membantu tercapainya tujuan secara efektif dan efisien yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji dan umrah. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah manajemen perjalanan wisata PT Cahaya Mekkah Madinah Indonesia (CMMI) tour and travel Purwokerto dalam melayani jamaah haji dan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen biro perjalanan wisata PT Cahaya Mekkah Madinah Indonesia (CMMI) tour and travel Purwokerto dalam melayani jamaah haji dan umrah. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer berupa wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah empat, yaitu direktur marketting dan operasional, direktur keuangan, staff logistik dan jamaah PT CMMI tour and travel Purwokerto. Hasil penelitian skripsi ini adalah: Manajemen biro perjalanan wisata di PT Cahaya Mekkah Madinah Indonesia (CMMI) Tour and Travel Purwokerto dalam melayani jamaah haji dan umrah berjalan sebagaimana fungsi yang telah diterapkan PT CMMI tour and travel Purwokerto. Adanya fungsi perencanaan meliputi: menentukan maksud tujuan perjalanan, lokasi dan target yang akan dicapai. Perencanaan waktu dan tempat, lokasi kegiatan. Merencanakan pendanaan. Perencanaan logistik perlengkapan kesiapan sebelum pemberangkatan haji dan umrah. Fungsi pengorganisasian yang diterapkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan di lapangan, pembagian tugas kepada para staff dengan jobdesknya masing-masing. Pelaksanaan yang dilakukan meliputi: menyediakan perlengkapan dan melakukan pembekalan, membimbing ibadah haji umrah dan perjalanan ibadah haji dan umrah. Dokumentasi kegiatan. Pengawasan yang dilakukan meliputi: melakukan briffing setiap pagi dan role play, direktur marketting control menuju lapangan bersama supervisor markettingnya serta agen. Adanya feedback dari peserta (masukan-masukan dari peserta), pengawasan dari pusat atau pimpinan pusat. Kata Kunci : Manajemen Biro Perjalanan Wisata, PT CMMI Purwokerto, Pelayanan Jamaah Haji dan Umrah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Biro Perjalanan Wisata, PT CMMI Purwokerto, Pelayanan Jamaah Haji dan Umrah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Farida Nur Anisa anisa
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:18
Last Modified: 10 Oct 2022 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item View Item