CELEBRITY WORSHIP DAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENGGEMAR K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN PURWOKERTO

Syafina Alvi, Damayanti (2022) CELEBRITY WORSHIP DAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENGGEMAR K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SYAFINA ALVI DAMAYANTI_CELEBRITY WORSHIP DAN PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PENGGEMAR K-POP DI KOMUNITAS NCTZEN PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tidak jarang bagi seorang remaja memiliki panutan atau role model sebagai inspirasi dan motivasi untuk berkembang mencari jati diri. Publik figur atau selebriti merupakan salah satu role model yang banyak menjadi panutan remaja. Namun hal tersebut menjadi tidak wajar ketika seorang remaja terlalu berlebihan dalam mengagumi dan mengidolakan seorang selebriti. Hal inilah yang dinamakan celebrity worship. Salah satu selebriti yang banyak digemari remaja saat ini adalah selebriti Korean Pop (K-Pop). Ketika remaja mengidolakan selebriti tersebut, akan memunculkan perilaku konsumsi yang berkaitan dengan produk atau hal-hal yang berkaitan dengan idolanya sebagai bentuk dukungan dari penggemar kepada idolanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada empat orang subjek yang merupakan anggota Komunitas NCTzen Purwokerto, berusia antara 16 sampai 23 tahun dan satu orang pengurus Komunitas NCTzen Purwokerto. Hasil penelitian yang didapat yaitu keempat subjek menunjukkan perilaku celebrity worship yang memenuhi tingkatan entertaintment social, akan tetapi terdapat dua subjek yang juga mengalami keterikatan emosi pada tingkat intense personal feeling berupa keterikatan emosi dengan idolanya. Perilaku konsumsi yang dilakukan subjek mulai dari mengoleksi album dan merchandise idola sebagai simbol dukungan penggemar kepada idolanya dan bentuk rasa suka kepada idolanya. Selain itu, dengan memakai atribut atau barang-barang yang berkaitan dengan idola, secara tidak langsung akan menunjukkan identitas mereka sebagai seorang penggemar K-Pop. Kata Kunci: K-Pop, Remaja, Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: K-Pop, Remaja, Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Syafina Alvi Damayanti
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:34
Last Modified: 10 Oct 2022 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item