PENGARUH CAR, NPF TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2020.

Kiki Putpita, Sari (2022) PENGARUH CAR, NPF TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KIKI PUTPITA SARI_PENGARUH CAR, NPF TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2020..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Profitabilitas dapat dikatakan sebagai salah satu indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja suatu perusahaan, karena kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dapat menjadi tolak ukur kinerja perusahaan tersebut. Semakin tinggi profitabilitasnya, semakin baik pula kinerja keuangan perusahaan. Rasio untuk mengukur tingkat profitabilitas adalah Return On Assets (ROA). Adapun rasio-rasio keuangan yang dapat mempengaruhi naik turunnya nilai profitabilitas Return On Assets (ROA), yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatory. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data skunder yang diperoleh melalui laporan keuangan Bank Umum Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria dengan diperoleh tiga bank yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Aceh Syariah dan Bank Panin Dubai Syariah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis yaitu Uji Stasioneritas, Uji Pemilihan model, Uji Asumsi Klasik, Uji t, Uji F, Uji regresi linier berganda serta Uji MRA dengan alat bantu aplikasi Eviews 10. Berdasarkan hasil uji secara parsial menunjukan bahwa variabel CAR (XI) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah , pada variabel NPF (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah, sedangkan secara simultan variabel CAR dan NPF berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah, Selanjutnya pada uji MRA diketahui bahwa variabel Ukuran Perusahaan dapat memoderasi pengaruh CAR terhadap Profitabilitas, sedangkan Ukuran Perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh NPF terhadap Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : CAR, NPF, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Kiki Putpita Sari sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:18
Last Modified: 10 Oct 2022 01:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item