Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap

Ida Lailatul, Fitriani (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ida Lailatul Fitriani_1817405018.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Motivasi merupakan faktor yang berpengaruh dalam keberhasilan peserta didik, dengan adanya motivasi di dalam dirinya maka akan timbul semangat untuk belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi besar akan mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan menghasilkan hasil yang baik. Fakta lapangan masih terdapat siswa yang memiliki motivasi rendah. Adapun penyebab terjadinya rendah semangat dalam belajar salah satunya yaitu kurangnya motivasi yang dimiliki siswa. Untuk membentuk motivasi tersebut diperlukan guru yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap adalah salah satu sekolah di mana guru yang ada di dalamnya memiliki kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam dengan mengangkat judul peran guru dalam meingkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Darwata Mujur Lor Kcematan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpskan peran yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dan juga kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitianya adalah guru dan siswa yang menjadi pelaku dari suatu kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan penarikan informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Darwata Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, yaitu: 1) Menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar 2) Menciptakan suasana kelas yang kondusif 3) Menggunakan metode mengajar yang bervariasi 4) Meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar 5) Pemberian penghargaan 6) Menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa 7) Metode disusun sebagai suatu motivasi belajar siswa dengan bermain, cerita, menyanyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar dan Peserta Didik.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Lailatul Fitriani sdri
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:33
Last Modified: 10 Oct 2022 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item