PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII B MTs NEGERI 1 PURBALINGGA

DILA, FADILA (2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII B MTs NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I-V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Purbalingga menjadi suatu fakta materi yang relatife berat untuk dikuasai. Hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda-beda. Pembelajaran yang inovatif dan menarik tentu akan membuat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, media menjadi salah satu faktor penentu berhasil tidaknya suatu proses belajar-mengajar. Tanpa media, tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B MTs Negeri 1 Purbalingga menggunakan media gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Purbalingga, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian skripsi ini adalah pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII B MTs Negeri 1 Purbalingga. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab Kelas VIII, dan peserta didik Kelas VIII B. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar di kelas VIII B MTs Negeri 1 Purbalingga diawali dari langkah pesiapan, meliputi penyusunan RPP, mempersiapkan jurnal dan absensi peserta didik, dan menyiapkan media gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran yang dibahas. Pada langkah pelaksanaan guru menjelaskan materi dan memberikan tugas kepada peserta didik untuk mendeskripsikan gambar yang dilihatnya dan menjodohkan kata yang sesuai dengan gambar. Langkah terakhir yaitu kegiatan tindak lanjut dengan evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dan evaluasi tidak tertulis. Evaluasi tertulis dengan mengerjakan tugas di buku kerja peserta didik, dan evaluasi tidak tertulis dengan penilaian praktik. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Media Gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Media Gambar
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dila Fadila
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:54
Last Modified: 07 Oct 2022 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item View Item