PERANAN STUDI KELAYAKAN BISNIS DALAM MENGURANGI RISIKO PEMBIAYAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS PADA KSU DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO CABANG KARANGLEWAS)

Aisyah, Aisyah (2022) PERANAN STUDI KELAYAKAN BISNIS DALAM MENGURANGI RISIKO PEMBIAYAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS PADA KSU DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO CABANG KARANGLEWAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AISYAH_PERAN STUDI KELAYAKAN BISNIS DALAM MENGURANGI RISIKO PEMBIAYAAN MUSYARAKAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Baitul Maal wa Tamwil atau yang biasa disebut BMT sebagai suatu lembaga keuangan mikro syariah berperan dalam bidang perekonomian masyarakat khususnya masyarakat kecil yang menentang riba dikarenakan berorientasi pada perekonomian nasional. Di bidang koperasi syariah, khususnya di bidang jasa keuangan risiko merupakan suatu hal yang memiliki potensi yang bisa diperkirakan (anticipated) maupun tidak bisa diperkirakan suatu kejadian potensial baik yang dapat diperkirakan (unanticipated) maupun yang tidak dapat diperkirakan yang dapat mempengaruhi permodolan dan pendapatan koperasi syariah. BMT sebagai lembaga keuangan syariah mengalami banyak risiko yang menyebabkan semakin meningkatnya pembiayaan bermasalah pada KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Cabang Karanglewas terbukti dari rekap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dan Non Performing Loan (NPL) Kredit pembiayaan Musyarakah dari tahun 2016 sampai 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan memahami aspek-aspek studi kelayakan bisnis yang dijalankan pada pembiayaan musyarakah serta memahami peran studi kelayakan bisnis dalam mengurangi risiko pada pembiayaan musyarakah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan data primer yang bersumber dari hasil wawancara dengan Manajer Cabang, bagian marketing dan admin di KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto Cabang Karanglewas dengan analisis data berupa data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiayaan musyarakah pada lembaga keuangan syariah harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek hukum, aspek pasar dan aspek jaminan. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah BMT perlu memperhatikan beberapa aspek studi kelayakan bisnis yang dijalankan di BMT. Peran studi kelayakan bisnis juga sangat berperan dalam mengurangi dan meminimalisir kemungkinan terjadinya risiko pada pembiayaan musyarakah karena mampu menilai dan mengukur potensi risiko terhadap sumber pengembalian termasuk potensi usaha nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Studi Kelayakan Bisnis, Risiko, Pembiayaan Musyarakah, Baitul Maal wa Tamwil.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Aisyah Aisyah sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:51
Last Modified: 07 Oct 2022 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item View Item