PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU DI SDLB N KEBAKALAN MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SITI MUSYAROFAH, 082331143 (2013) PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU DI SDLB N KEBAKALAN MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
Siti Musyarofah_PENERAPAN METODE RESITASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Metode pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pendidikan. Dimana metode resitasi berfungsi agar siswa melakukan kegiatan belajar dan melatih untuk mempertanggungjawabkannya, terlebih tehadap anak tunarungu yang memiliki kekurangan dalam pendengarannya. Untuk itu pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, demikian halnya penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI, bagaimana penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI di SDLB N bagian B (Tunarungu) Kebakalan Mandiraja? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran bidang studi PAI di SDLB N bagan B (Tunarungu) Kebakalan Mandiraja dengan menggunakan metode resitasi dan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada bidang studi PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dan bersifat diskriptif kuaalitatif. Bahwa penelitian ini dilaksanakan di SDLB N Kebakalan Mandiraja. Pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data aitu guru Pendidikan Agama Islam secara langsung dengan pengamatan penulis dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan metode resitasi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi yang dilakukan guru PAI di SDLB dilakukan dengan tiga tahap, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.Yang pertama perencanaan yaitu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan kisi-kisi materi yang akan diajarkan, dan menyiapkan sumber belajar. Yang kedua pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan awal pembelajaran yaitu guru melakukan apersepsi,kegiatan inti pembelajaran yaitu guru memberikan penjelasan dan penerapan metode resitasi, dan kegiatan akhir pembelajaran guru memberikan kesimpulan.Dan yang ketiga evaluasi yaitu memberikan tes guna mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diajarkandan sebagai bahan pembenahan terhadap hasil yang telah diperoleh siswa. Kata Kunci: Metode Resitasi, Pendidikan Agama Islam, Anak Tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 23 Nov 2016 00:12
Last Modified: 23 Nov 2016 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item