KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SANTRI TPQ AS SYAFIIYAH (ANALISIS TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK G. HERBERT MEAD)

Lili, Lestari (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SANTRI TPQ AS SYAFIIYAH (ANALISIS TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK G. HERBERT MEAD). Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LILI LESTARI_KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SANTRI TPQ AS SYAFIIYAH (ANALISIS TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK G. HERBERT MEAD).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar manusia yang dilakukan secara tatap muka dalam situasi yang lebih intim. Interaksi yang dikomunikasikan oleh guru dan santri TPQ As Syafiiyah dikomunikasikan dalam bentuk simbol dari teori interaksi simbolik pemikiran G. Herbert Mead. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui Bagaimana konsep Mind dalam komunikasi interpersonal guru dan santri TPQ As Syafiiyah. 2) Untuk mengetahui konsep self dalam komunikasi interpersonal guru dan santri TPQ As Syafiiyah. 3) Untuk mengetahui konsep society dalam komunikasi interpersonal guru dan santri TPQ As Syafiiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis lakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil informasi yang relevan. Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan, 1) konsep mind dalam komunikasi interpersonal guru dan santri TPQ As Syafiiyah menhasilkan simbol-simbol yang telah disepakati bersama oleh guru dan santri. Simbol-simbol yang muncul dalam proses komunikasi tersebut berupa simbol verbal dan simbol non verbal yang menimbulkan adanya suatu respon atau tindakan. 2) konsep self dalam komunikasi interpersonal guru dan santri TPQ As Syafiiyah dibagi menjadi dua yaitu: a) Konsep self guru, dimana disimpulkan guru dapat menempatkan diri sesuai dengan kondisi saat berhadapan dengan santri. b) Konsep self Santri, konsep dilihat dari tahap bermain (play stage), permainan (games stage).Pada tahap bermain (play stage) santri bertindak meniru apa yang orang lain lakukan. Sedangkan pada tahap permainan (games stage) santri akan mengambil peran dan berusaha memainkan peran tersebut. 3) Konsep Society dalam komunikasi interpersonal guru dan santri TPQ As Syafiiyah menujukan adanya hubungan yang baik antar keduannya. Sebagai dua kelompok society, mereka aktif membentuk kesepakatan-kesepakatan yang membentuk simbol-simbol sosial.Hal ini ditandai dengan kebiasaan-kebiasaan atau norma-norma yang dilakukan pada diri individu di TPQ As Syafiiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Teori Interaksionisme Simbolik, Mind, Self, Society
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lili Lestari
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:14
Last Modified: 07 Oct 2022 06:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item