Putri Sizi Lestari, 082333061 (2013) MANAJEMEN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
PUTRI SIZI LESTARI_Manajemen Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa MI.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang ada di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan memiliki kepribadian yang baik dan lulusannya sudah hafal Juz ‘Amma dan Asmaul Husna, hal ini dikarenakan adanya kegiatan pembentukan kepribadian muslim siswa yang dikelola oleh kepala madrasah dan para guru. Manajemen pembentukan kepribadian muslim siswa ini tidak terlepas dari hambatan, seperti terbatasnya fasilitas yang ada, akan tetapi tetap dapat terlaksana, sehingga perlu dikaji bagaimana pelaksanaan manajemen pembentukan kepribadian muslim siswa di madrasah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembentukan kepribadian muslim siswa MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru PAI dan guru pembimbing di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari triangulasi data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembentukan kepribadian muslim siswa MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan dilaksanakan secara terpadu melibatkan pihak yayasan, kepala madrasah dan para guru dalam merumuskan tujuan dan menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk membentuk kepribadian muslim. Kegiatan manajemen yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Pembentukan kepribadian muslim siswa dilakukan pada tiga aspek kepribadian yaitu aspek kejiwaan, aspek kejasmanian dan aspek kerohanian. Aspek kejiwaan yang dibentuk yaitu kejujuran dan kedisiplinan. Aspek kejasmanian yang dibentuk yaitu kebersihan dan berperilaku serta bergaul islami. Aspek kerohanian yang dibentuk yaitu shalat berjama’ah, tahfidz Juz ‘Amma dan Asmaul Husna, serta infaq. Kata kunci: Manajemen, Kepribadian Muslim
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 09:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 09:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1604 |
Actions (login required)
View Item |