Uswatun, Hasanah (2022) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN AQUA VERSI LIFE #BIJAKBERPLASTIK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.
|
Text
USWATUN HASANAH_ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN AQUA VERSI LIFE #BIJAKBERPLASTIK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Iklan Aqua Versi Life #BiijakBerplastik yang di bintangi oleh Hamish Daud dan Kelly Tandiono. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu menjelaskan bagaimana Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Iklan Aqua Life Edisi #BijakBerplastik? Tujuan penelitian ini untuk menemukan makna pesan moral di balik tanda-tanda yang digunakan dalam iklan Aqua Versi Life #BijakBerplastik melalui media periklanan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika yang yang bertujuan untuk mempresentasikan dan menginterpretasikan makna melalui rangkaian tanda dan simbol. Dengan Menyingkapi pesan tersembunyi tentang kepedulian lingkungan hidup dengan cara menganalisis makna tanda-tanda yang terkandung di dalam iklan Aqua Life #BijakBerplastik, yang sesuai dengan konsep Roland Barthes yang kemudian diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni denotasi, konotasi, dan mitos. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan study literartur. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa perusahaan Aqua meluncurkan program terbarunya yaitu #BijakBerplastik. ditinjau dari denotasi, konotasi dan mitos pesan yang ingin di sampaikan dalam iklan tersebut yaitu Aqua #BijakBerplastik membiasakan hidup sehat dengan memanfaatkan sampah plastik yang dapat di daur ulang, maka akan membantu mengurangi dan menanggulangi masalah sampah plastik yang ada di Indonesia, terutama di lautan Indonesia. Kata kunci: Analisis semiotika, semiotika Roland Barthes, Pesan Moral, iklan Aqua
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis semiotika, semiotika Roland Barthes, Pesan Moral, iklan Aqua |
Subjects: | 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Uswatun Hasanah sdri |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 04:00 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 04:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16037 |
Actions (login required)
View Item |