MANAJEMEN PROGRAM LITERASI PERPUSTAKAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN KREATIF DALAM MEMBACA DI SMA NEGERI 1 SAMPANG

Karimatul, Khaqiqi (2022) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI PERPUSTAKAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN KREATIF DALAM MEMBACA DI SMA NEGERI 1 SAMPANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Karimatul Khaqiqi_Manajemen Program Literasi untuk Membentuk Karakter Disiplin dan Kreatif dalam Membaca di SMA Negeri 1 Sampang.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas tentang manajemen program literasi perpustakaan untuk membentuk karakter disiplin dan kreatif dalam membaca di SMA Negeri 1 Sampang. Melalui 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi di lapangan dan menghasilkan data deskriptif. Data-data yang diperoleh peneliti melalui tahapan wawancara, observasi, dan dokumentasi saat penelitian. Teknik analisis data dan keabsahan data yang dilakukan peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program literasi perpustakaan untuk membentuk karakter disiplin dan kreatif dalam membaca di SMA Negeri 1 Sampang sebagai berikut: perencanaan dalam program literasi perpustakaan dilakukan dengan menentukan tujuan, membuat rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang, memfungsikan perpustakaan dengan baik, menentukan jadwal pelaksanaan program, menentukan guru pendamping sebagai pengawas dan siswa yang melaksanakan program literasi, serta pembuatan jurnal literasi. Pengorganisasian dalam program literasi perpustakaan dilakukan dengan menetapkan struktur organisasi serta deskripsi kerjanya, pembagian tugas untuk kegiatan sosialisasi, menyusun prosedur pelaksanaan program, pengelompokkan fasilitas pendukung program literasi, serta pemilihan bahan bacaan siswa. Pelaksanaan program literasi perpustakaan meliputi kegiatan meminjam buku yang akan dibaca, membaca buku sesuai waktu yang sudah dijadwalkan, membuat resume pada jurnal dari hasil bacaan, mengumpulkan jurnal literasi tepat waktu, mengembalikan buku bacaan tepat waktu. Proses pelaksanaan program terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Evaluasi dalam program literasi perpustakaan dilakukan untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program dalam membentuk karakter disiplin dan kreatif siswa melihat dari hasil pemeriksaan jurnal literasi secara rutin, mengadakan perlombaan setiap bulan bahasa, dan menilainya berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Penggunaan system poin adanya punishment berupa sanksi terhadap siswa yang melakukan pelanggaran dan reward berupa hadiah kepada siswa yang aktif dan patuh pada peraturan dengan mendayagunakan guru pendamping sebagai evaluator siswa. Program literasi perpustakaan yang terkontrol melalui jurnal literasi ini dilakukan secara berkelanjutan, akan meningkatkan minat baca siswa dan terbentuk karakter disiplin dan kreatif siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Literasi Perpustakaan, Karakter Disiplin dan Kreatif
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Karimatul Khaqiqi
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:47
Last Modified: 07 Oct 2022 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item View Item