Strategi Retorika Melalui Kegiatan Muhadhoroh Pada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo.

Kharisma Linda, Fajriyani (2022) Strategi Retorika Melalui Kegiatan Muhadhoroh Pada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kharisma Linda Fajriyani_Strategi Retorika Melalui Kegiatan Muhadhoroh Pada Pondok Pesantren Thafidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki peran aktif dalam berinteraksi terhadap sesamanya. Kemampuan publik speaking sangat penting bagi manusia. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah merupakan lembaga pendidikan yang berbasis agama islam mengadakan kegiatan muhadhoroh. kegiatan muhadhoroh ini bertujuan untuk mengasah kemampuan santri dalam publik speaking. Sehingga harapannya kelak nanti jika terjun di masyarakat santri sudah terbiasa untuk publik speaking dan berdakwah layaknya seorang da’i yang menyampaikan pesan dakwah kepada jama’ahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stategi retorika melalui kegiatan muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksktiptif kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi, yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu masalah melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa srategi retorika yang dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah sama seperti teori dari Aristoteles yaitu: penyusunan materi, gaya dan penyampaian materi, mengingat materi dengan mengingat kata perkata, dan penyampaian materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Retorika, Muhadhoroh, Pondok Pesantren.
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kharisma Linda Fajriyani sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:41
Last Modified: 07 Oct 2022 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item