STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS TA’LIM MASJID AN-NUR DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA JAMA’AH PURWOKERTO UTARA

Amartya, Nur aisyah (2022) STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS TA’LIM MASJID AN-NUR DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA JAMA’AH PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AMRTYA NUR AISYAH_STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS TA’LIM MASJID AN-NUR DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA JAMA’AH PURWOKERTO UTARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Proses komunikasi yang efektif merupakan syarat terbinanya kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan suatu perusahaan atau perseorangan. Sebuah keberhasilan berkomunikasi dapat dikatakan apabila dalam proses komunikasi, pesan yang ingin disampaikan dapat mencapai tujuan. Sama halnya dengan Majelis Ta’lim, penting untuk melakukan strategi komunikasi khusus agar jama’ah yang mengikuti kajian dalam berjalan sesuai dengan proses komunikasi yang baik dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan dalam proses Majelis Tak’lim Masjid An-Nur dalam meningkatkan kesadaran Jama’ah Purwokerto Utara. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) di Majelis Tak’lim Masjid An-Nur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data yang dibutuhkan penulis berupa keterangan, penjelasan dan informasi lisan. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tindakan selanjutnya adalah penyusunan data, mengklasifikasinya, yang kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan data yang menghasilkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa, Strategi komunikasi dilakukan dengan komponen-komponen pendukung dalam rumus Harold D. Lasswell, yaitu Komunikator yang berperan dalam Majelis Ta’lim Masjid An-Nur yaitu ustadz maupun ustadzah yang mengisi kegiatan rutin, Isi materi yang digunakan dalam Majelis Ta’lim Masjid An-Nur mengacu pada persoalan yang sering terjadi di tengah-tengah, Media apa yang digunakan oleh Majelis Ta’lim Masjid berupa fasilitas serta sarana yang ada di Masjid An-Nur, Komunikan merupakan jamaah Majelis Ta’lim Masjid An-Nur, Pokok inti yang diharapkan oleh para pengurus jamaah Majelis Ta’lim Masjid An-Nur adalah dalam ranah penyadaran masyarakat terhadap ajaran agama. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Majelis Ta’lim Masjid An-Nur, Dan Kesadaran Beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Komunikasi, Majelis Ta’lim Masjid An-Nur, Dan Kesadaran Beragama.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amartya Nur Aisyah sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:25
Last Modified: 07 Oct 2022 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item