PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SELF-ESTEEM SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MUHAMMADIYAH 01 PURBALINGGA

Iryana, lelita Imania (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SELF-ESTEEM SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs MUHAMMADIYAH 01 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IRYANA LELITA IMANIA_1817402146.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pentingnya self esteem bagi siswa agar mereka mampu meyakinkan dirinya berharga dan mampu seperti siswa lainnya. Maka dari itu, seorang guru harus mampu mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif agar mampu menunjang siswa lebih meningkatkan kemampuan self esteem (harga dirinya). Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran probing promting. Metode pembelajaran probing-prompting membantu siswa dalam aktif berpikir, berdiskusi pendapat yang berbeda, dan memberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode probingpromting terhadap kemampuan self-esteem siswa di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment dan desain penelitian Nonequivalentcontrol group design pretes-postest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga yang berjumlah 160 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu dipilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Independent Sampel T-Test. Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh metode probing-promting terhadap kemampuan self-esteem siswa pada pembelajaran fiqih di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Hal tersebut ditunjukan dengan Pada perolehan nilai rata-rata angket akhir pada kelas eksperimen yaitu sebesar 75,22. Sedangkan perolehan nilai rata-rata angket akhir pada kelas kontrol sebesar 64,19 , terdapat selisih peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 11,3. Adapun uji Independent Sampel T-Test menggunakan program SPSS versi 23 yaitu memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil dari nilai signifikasi 0,05. Yaitu 0,000 < 0,05 yang mengandung pengertian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran probing promting terhadap kemampuan self esteem siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Probingprompting, Peningkatan Self Esteem
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iryana Lelita Imania sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:11
Last Modified: 07 Oct 2022 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16013

Actions (login required)

View Item View Item