PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KALIPETUNG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS.

Izha, Nur Faizah (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KALIPETUNG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Izha Nur Faizah_Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di MI Muhammadiyah Kalipetung Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan suatu pembelajaran perlu adanya metode atau media pembelajaran yang bervariasi agar terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa, sehingga dibutuhkan suatu media salah satunya yaitu media flashcard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses penerapan media pembelajaran flashcard pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Muhammadiyah Kalipetung Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV. Hasil penelitain mengenai penerapan media pembelajaran flashcard kelas IV di MI Muhammadiyah Kalipetung yaitu dalam penerapan media di kelas IV berjalan dengan lancar dan siswa-siswi memperhatikan, antusias saat guru menjelaskan pembelajaran karena disertai gambar namun ada beberapa yang masih suka bermain atau mengobrol dengan temannya dan guru mengatasinya dengan bertanya jawab agar siswa bisa kembali fokus dalam pembelajaran dan saat melakukan kerja kelompok mereka kompak untuk saling berdiskusi menemukan jawaban yang cocok dengan gambar yang telah dibagikan dan hasil dari penerapan media flashcard ini siswa menjadi lebih paham dan memperoleh hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media Flashcard, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izha Nur Faizah sdri
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:32
Last Modified: 06 Oct 2022 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15997

Actions (login required)

View Item View Item