KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R TILAAR

Rohmat, Barokah (2022) KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R TILAAR. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPS ROHMAT BAROKAH 2022(1522402202) cover BAB 1 BAB V Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPS ROHMAT BAROKAH 2022(1522402202) PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Paradigma pendidikan yang berwawasan multikultural sebenarnya berangkat dari suatu kesadaran, bahwa setiap manusia mempunyai potensi-potensi yang berbeda (heterogenitas). Dengan menyadari, bahwa setiap manusia memiliki perbedaan potensi (kemampuan), maka proses pendidikan wajib dilaksanakan dengan prinsip kearifan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pandangan H.A.R Tilar tentang pendidikan multikultural dan Bagaimana konsep pendidikan multikultural menurut H.A.R Tilar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep pendidikan multikultural menurut H.A.R Tilar dalam membangun pendidikan Indonesia dengan kearifan budaya lokal yang ada supaya budaya yang kita miliki tetap abadi dan tak terlupakan oleh perkembangan zaman serta manfaatnya yaitu Memperoleh data tentang bagaimana konsep pendidikan multikultural menurut H.A.R Tilar Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan) jenisnya penelitian berbentuk literal adapun yang dimaksud penelitian pustaka adalah menjadikan bahan-bahan pustaka berupa buku, majalah ilmiah, dokumen dokumen dan materi lainya yang dapat dijadikan sumber rujukan dalam penelitian ini. Dalam pemaparan dalam penelitian ini mengarah pada penjelasan deskriptif. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan yaitu Konsep pendidikan multikultural yang ditawarkan oleh Tilaar sekurang-kurangnya ada tiga hal yang mendorong berkembang pesatnya pendidikan multikultural yaitu, hak asasi manusia, globalisasi, dan proses demokrasi. Konsep pendidikan multikultural menurut Tilaar bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh peserta didik tanpa melihat perbedaan latar belakang ras, suku, etnis, budaya dan agama. Kata kunci: Konsep,Pendidikan Multikultural,Multikulturalisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Konsep,Pendidikan Multikultural,Multikulturalisme
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmat Barokah sdr
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:22
Last Modified: 07 Oct 2022 08:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15995

Actions (login required)

View Item View Item