UPAYA TUTOR DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI BIMBINGAN BELAJAR RUMAH ILMU PURWOKERTO

Ina, Listiyani (2022) UPAYA TUTOR DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI BIMBINGAN BELAJAR RUMAH ILMU PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INA LISTIYANI_UPAYA TUTOR DALAM MEMOTIVASI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya upaya tutor dalam memotivasi belajar siswa di Bimbingan Belajar Rumah Ilmu Purwokerto. Apalagi semenjak adanya perubahan proses pembelajaran dari pembelajaran yang bersifat tatap muka ke pembelajaran daring, kemudian kembali lagi pada pembelajaran tatap muka tentunya akan mempengaruhi pola belajar dan akan mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Siswa harus bisa beradaptasi dengan kondisi perubahan seperti itu. Oleh karena itu untuk mempertahankan motivasi belajar siswa dibutuhkan pihak luar yang bisa mendorong siswa untuk tetap semangat dalam belajar. Salah satu sumber motivasi yang berasal dari luar adalah tutor. Tutor menjadi salah satu sumber motivasi ekstrinsik bagi siswa. Berbagai upaya dilakukan tutor dalam memotivasi belajar siswa guna mencapai suatu keberhasilan pendidikan siswa dimasa yang akan datang. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya tutor dalam memotivasi belajar siswa di Bimbingan Belajar Rumah Ilmu Purwokerto. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek kepada CEO Bimbel Rumah Ilmu dan Tutor Bimbel Rumah Ilmu Purwokerto. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian mengenai upaya yang dilakukan tutor dalam memotivasi belajar siswa adalah tutor berupaya dengan cara memberikan perhatian kepada siswa, dalam pembelajaran tutor menggunakan metode yang bervariasi dan tutor memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa. Faktor yang mendukung tutor dalam memotivasi siswa adalah adanya kemauan siswa dalam belajar, cita-cita yang dimiliki oleh siswa. Serta faktor yang menghambat tutor dalam memotivasi siswa adalah adanya paksaan dari orang tua untuk belajar dan lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Tutor, Motivasi Belajar Siswa, Bimbingan Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: INA LISTIYANI sdri
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:53
Last Modified: 06 Oct 2022 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15973

Actions (login required)

View Item View Item