ANALISIS PENGARUH HOME INDUSTRY RAMBUT PALSU TERHADAP PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Home Industry Rambut Palsu Di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga)

Astriyani, Astriyani (2022) ANALISIS PENGARUH HOME INDUSTRY RAMBUT PALSU TERHADAP PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Home Industry Rambut Palsu Di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ASTRIYANI_ANALISIS PENGARUH HOME INDUSTRY RAMBUT PALSU TERHADAP PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Analisis pengaruh home industry rambut palsu terhadap perekonomian rumah tangga akan menjadi awal kesejahteraan keluarga Desa Bantarbarang. Dengan begitu maka hal tersebut telah menuntut perempuan ikut serta dalam ketahanan ekonomi keluarga. Kondisi yang demikian menjadi alasan untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Pendapatan pekerja perempuan sebagai karyawan home industry rambut palsu Desa Bantarbarang menjadi cukup penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemajuan perekonomian Desa Bantarbarang semenjak adanya home industry rambut palsu dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian disajikan berdasarkan analisis. Teknik yang digunakan ada tiga tahap aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan (verifikasi). Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah triangulasi. Teknik ini digunakan penulis sebagai acuan penulis hasil penelitian untuk memepermudah dan memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian ini menunjukan besarnya pengaruh home industry rambut palsu bagi perekonomian rumah tangga . Ibu rumah tangga yang bekerja di home industry memiliki peran yaitu memberikan tambahan pendapatan yang semula pendapatan keluarga hanya bergantung pada suami menjadi bertambah karena pendapatan dari istri pada setiap bulanya. Dengan pendapatan yang meningkat kebutuhan keluarga dapat terpenuhi, serta banyak dari mereka dapat menabung untuk masa depan keluarga. Kata kunci : Peranan, Industry Rambut Palsu, Kesejahteraan, Rumah Tangga di Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Industri Rambut Palsu,kesejahteraan, rumah tangga di desa
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Astriyani Astriyani sdri
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:55
Last Modified: 06 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item View Item