Analisis Manajemen Pemasaran Zakat Infaq dan Shodaqoh di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama' (LAZISNU) Kabupaten Banyumas

Didit, Helmianto (2022) Analisis Manajemen Pemasaran Zakat Infaq dan Shodaqoh di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama' (LAZISNU) Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka_115642.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Didit Helmianto_Analisis Manajemen Pemasaran Zakat Infaq dan Shodaqoh di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Banyumas_115623.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LAZISNU Kabupaten Banyumas merupakan lembaga pengelola dana msyarakat yang didayagunakan secara amanah dan profesional untuk kesejahteraan umat. LAZISNU Kabupaten Banyumas tentu mempunyai strategi pemasarannya sendiri untuk mencapai penghimpunan yang maksimal guna mensukseskan program kerja yang telah ada. Dengan berkembangnya teknologi mempermudah sistem kehidupan manusia, pemanfaatan teknologi juga dapat dilakukan dengan melakukan pemasaran melalui media sosial. Dibandingkan dengan lembaga zakat lain yang ada di Kabupaten Banyumas, LAZISNU menjadi lembaga yang kurang aktif di media sosial. Dampak dari kurang aktif di media sosial adalah kurang dikurang oleh masyarakat luas. Akan tetapi hal tersebut tidak berpengaruh terhadap penghimpunan dana ZIS yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif guna mengetahui konsep dan Langkah – langkah manajemen pemasaran zakat infaq dan shodaqoh di LAZISNU Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam mengambil data pada penelitian ini adalah dengan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep manajemen pemasaran yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Banyumas menggunakan konsep marketing mix 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan pembuktian). Langkah – langkah manajemen pemasaran yang dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Banyumas menggunakan STP (segmentasi pasar, target pasar, dan penentuan posisi pasar). Segmentasi pasar terdiri dari segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis, dan segmentasi perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penasaran, LAZISNU, Marketing Mix, SPT
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Didit Helmianto sdr
Date Deposited: 04 Oct 2022 06:49
Last Modified: 04 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15946

Actions (login required)

View Item View Item