OPTIMALISASI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DALAM MENCAPAI TARGET DI LAZISMU BANYUMAS

Alwi, Rokhman Saifulloh (2022) OPTIMALISASI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DALAM MENCAPAI TARGET DI LAZISMU BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alwi Rokhman Saifulloh_Optimalisasi Penghimpunan Dana Zakat Dalam Mencapai Target Di LAZISMU Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penghimpunan dana zakat adalah salah satu kegiatan utama dari pengelolaan zakat, setiap kegiatan dalam pengelolaan zakat ditunjukan untuk mencapai tujuan zakat yaitu untuk peningkatan perekonomian umat dengan cara pengelolaan dana zakat yang berorientasi pada perbaikan kondisi perekonomian mustahik maka dari itu penghimpunan dana zakat harus dilakukan dengan optimal. Untuk dapat melakukan penghimpunan dengan optimal maka diperlukan strategi dan mekanisme penghimpunan. LAZISMU Banyumas menerapkan strategi dan mekanisme penghimpunan dana zakat. Hasil penghimpuan zakat di LAZISMU Banyumas juga cukup baik dan LAZISMU Banyumas telah banyak mendapatkan penghargaan tingkat nasional salah satunya pada ajang LAZISMU Award tahun 2021 menjadi amil keuangan terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme penghimpunan dana zakat di LAZISMU Banyumas dan untuk mengetahui strategi LAZISMU Banyumas dalam mencapai target penghimpunan dana zakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa optimalisasi penghimpunan dana zakat dalam mencapai target yang dilakukan LAZISMU Banyumas yakni dengan menjalankan strategi fundraising yang telah ditetapkan seperti sosialisasi, direct mail, pembayaran langsung ke kantor, jemput donasi, konter zakat, banking channel, QRIS, pembentukan kantor layanan, online fundrasising, maintenance. Mekanisme penghimpunan dana zakat yang diterapkan LAZISMU Banyumas dengan mengirimkan surat pemberitahuan sosialisasi kepada calon muzakki, pelaksanaan sosialisasi, melakukan pencatatan identitas calon muzakki. LAZISMU Banyumas menyediakan beberapa mekanisme pembayaran zakat pertama mekanisme penghimpunan zakat langsung ke kantor, penghimpunan zakat melalui transfer dan penghimpunan zakat melalui jemput doanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Penghimpunan, Strategi, Zakat.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Alwi Rokhman Saifulloh sdr
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:48
Last Modified: 04 Oct 2022 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15928

Actions (login required)

View Item View Item