METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 KOBER KEC.PURWOKERTO BARAT KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013

SITI MARIJAH, 102334014 (2013) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 KOBER KEC.PURWOKERTO BARAT KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI MARIJAH_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 KOBER KEC.PURWOKERTO BARAT KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Metodepembelajaranadalahsuatucaraataujalan yang ditempuh yang sesuaidanserasiuntukmenyajikansuatuhalsehinggaakantercapaisuatupembelajaran yang efektifdanefisiensesuaiapa yang diharapkan. SedangkanPendidikan Agama Islam adalahupayasadardanterencanadalammenyiapkanpesertadidikuntukmengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertaqwa, berakhlakmulia, mengamalkanajaran agama Islam darisumberutamanyaKitabSuci Al-Quran dan Al-Hadist, melaluikegiatanbimbingan, pengajaran, latihansertapenggunaanpengalaman. MetodepembelajaranPendidikan Agama Islam di SD mempunyaipengaruhterhadapkeberhasilansiswadalam proses pembelajaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmetodepembelajaran yang digunakandalampembelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 KoberKecamatanPurwokerto Barat, KabupatenBanyumas. Metodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Dalammenganalisis data penulismenggunakanmetode non statistikatauanalisiskualitatif.Metodeinidigunakanuntukmelihatgambarantentangpenerap anmetodepembelajaran agama Islam di SD Negeri 1 Kober. MetodePendidikan Agama Islam yang digunakan di SD Negeri 1 Koberantara lain metode drill, metodeceramah, metodetanyajawab, metodediskusi, metodekerjakelompok, danmetodepemberiantugas. Disampingitu, dalam proses pembelajarannya, guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Koberjugamengkombinasikandenganmetode lain. Maksudnya, ketikamenyampaikanmateripembelajarandalamsatupertemuantidakhanyamenggunakans atumetodesaja, tetapimenggabungkanantarametode yang satudengan yang lain. Sehingga, dalam proses pembelajaranmetode yang digunakanbervariatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metodepembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:51
Last Modified: 17 Nov 2016 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item