PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI ZAKAT MAL DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK PEMALANG

FITRI ETIKASARI, NIM. 1123308003 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI ZAKAT MAL DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FITRI ETIKASARI_PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI ZAKAT MAL DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK PEMALANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di sekolah masih banyak kelemahan. Kegagalan ini disebabkan karena praktik pendidikannya memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai (agama). Secara subtansial mata pelajaran fiqh/ibadah di SMP memiliki kontribusi dalam memberikan pengalaman kepada siswa untuk mempelajari dan mempraktikkan ibadahnya dalam bentuk pembiasaan, pada penerapan pembelajaran PAI materi zakat mal siswa secara tidak langsung diajak mempelajari dan mempraktikkan cara-cara berzakat dalam bentuk permasalahanpermasalahan yang ada dilingkungan sekitar, dan berfikir untuk memecahkan masalahmasalah yang terjadi pada kehidupan nyata. Dalam Problem Based Learning, fokus pembelajaran ada pada masalah yang dipilih, sehingga siswa tidak saja mempelajari konsepkonsep yang berhubungan dengan masalah tetapi juga metode ilmiah untuk pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Belik, dengan desain tindakan kelas (Classroom Action Research). Yaitu penelitian yang melalui tahapantahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian tindakan ini dibagi menjadi III siklus dengan satu kali pertemuan pada masing-masing siklus dan satu kali pertemuan untuk pre test. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) observasi, (2) interview, dan (3) dokumentasi. Prosedur analisis data yakni, data yang diperoleh melalui tindakan dianalisis, data yang bersifat kualitatif seperti observasi, interview, dan dokumentasi (data guru, latar belakang sekolah) menggunakan analisis domain. Sedangkan data yang didapatkan melalui dokumentasi yang berupa angka atau data kuantitatif (pre test, siklus I, II dan III) menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI materi zakat mal di kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Belik. Peningkatan dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam 6 langkah-langkah Problem Based Learning . Selain itu dari data kuantitatif yakni dengan meningkatnya nilai ujian dari pre test ke siklus I, II dan III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning dan Pembelajaran PAI materi Zakat Mal.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:41
Last Modified: 17 Nov 2016 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item