PENGARUH FASILITAS PROMOSI DAN CITRA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE BUKIT TANGKEBAN

Aoliya, Erfina (2022) PENGARUH FASILITAS PROMOSI DAN CITRA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE BUKIT TANGKEBAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aoliya Erfina_Pengaruh Fasilitas Promosi dan Citra Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Bukit Tangkeban.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Objek wisata Bukit Tangkeban terletak di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Objek wisata Bukit Tangkeban merupakan salah satu objek wisata yang berdiri pada awal tahun 2018 yang menyajikan keindahan alam berupa pemandangan yang langsung berhadapan dengan gagahnya Gunung Slamet. Dari tahun ke tahun Bukit Tangkeban mengalami perkembangan yang sangat pesat. Keputusan wisatawan berkunjung dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya fasilitas, promosi, dan citra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, promosi, dan citra terhadap wisatawan berkunjung ke Bukit Tangkeban. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan dengan metode kuesioner secara langsung dan google from dengan sistem random sampling dengan jumlah 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji rank spearman, kendall’s w dan regresi ordinal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel fasilitas, promosi, dan citra secara terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Bukit Tangkeban. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil uji kendell’s W nilai signifikansinya adalah 0,000 atau 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak H4 diterima. Kemudian pada hasil regresi ordinal pada bagian Pseudo R-Square yang mana pada output ini menggambarkan variabel tingkat keputusan berkunjung yang dapat digambarkan oleh variabel independennya. Besarnya nilai tersebut dapat dilihat pada nagelkerke yang memberikan nilai tertinggi yaitu 0,350. Nilai tersebut menjelaskan bahwa variabel bebas yaitu fasilitas (X1) promosi (X2) dan citra (X3) berpengaruh terhadap variabel keputusan wisatawan berkunjung ke bukit tangkeban (Y) sebesar 35%. Sedangkan sisanya yaitu 65% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Fasilitas, promosi, citra, keputusan berkunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, promosi, citra, keputusan berkunjung
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aoliya Erfina sdri
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:41
Last Modified: 29 Sep 2022 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item