MANAJEMEN PENGELOLAAN SAMPAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI (STUDI KASUS KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT KAMANDAKA KELURAHAN BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA)

Mangesthi, Alfi Budayanti (2022) MANAJEMEN PENGELOLAAN SAMPAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI (STUDI KASUS KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT KAMANDAKA KELURAHAN BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mangesthi Alfi Budayanti_ Manajemen Pengelolaan Sampah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Ekonomi (Studi Kasus Kelompok Swadaya Masyarakat Kamandaka Kelurahan Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelompok Swadaya Masyarakat Kamandaka Kelurahan Bobosan merupakan organisasi yang menerapkan manajemen pengelolaan sampah. Manajemen merupakan rentetan dari perencananaan, pengorganisasian, pengarahan dan juga pengawasan kepada usaha-usaha para anggota dari suatu organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi sebagai upaya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah diterapkan. Manajemen tersebut mengenai pengelolaan sampah yaitu usaha mengatur atau mengelola sampah dari proses pengumpulan, pemisahan, pemindahan, pengolahan dan pembuangan akhir. Dalam penanganan permasalahan sampah yang dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat yaitu dengan memandang sampah sebagai sumberdaya yang memiliki nilai ekonomi untuk energi, kompos, atau untuk bahan baku industri sehingga dalam pengelolaan sampah menghasilkan pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen pengelolaan sampah diantaranya: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan dalam hal pengelolaan sampah yang berupa proses pengumpulan, pemisahan, pemindahan sampai pengolahan dan pembuangan akhir sudah di terapkan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Kamandaka Kelurahan Bobosan. Penerapan tersebut dibuktikan dengan tercapainya tujuan yaitu terselesainya permasalan sampah pada Kelurahan Bobosan, adanya hasil pengolahan yang memiliki nilai ekonomi, serta adanya peningkatan pendapatan untuk Kelompok Swadaya Masyarakat Kamandaka dan bagi pekerja pengelola sampah. Kata Kunci: Manjemen, Pengelolaan Sampah, Kelompok Swadaya Masyarakat, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manjemen, Pengelolaan Sampah, Kelompok Swadaya Masyarakat, Pendapatan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mangesthi Alfi Budayanti sdri
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:40
Last Modified: 28 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15882

Actions (login required)

View Item View Item