IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RELIGIOUS CULTURE DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO

LUTHFIATI ANISA, NIM. 1123308024 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RELIGIOUS CULTURE DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LUTHFIATI ANISA_IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RELIGIOUS CULTURE DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Terjadinya kemerosotan moral di kalangan peserta didik merupakan salah satu faktor penyebab gagalnya sistem pendidikan. Dalam hal ini sekolah khususnya pembelajaran pendidikan agama islam memiliki peran besar dalam penyadaran nilainilai agama islam pada peserta didik. Upaya menerapkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di dalam kelas saja tidak cukup. Oleh karena itu, perlu adanya aktivitas keagamaan (budaya religius) di sekolah. SMA Negeri 4 Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang menerapkan nilai-nilai karakter yang berbasis religious culture sebagai upaya untuk mencegah semakin meluasnya permasalahan moral. Upaya yang dilakukan SMA Negeri 4 Purwokerto adalah membiasakan aktivitas keagamaan yang wajib diikuti oleh seluruh warga sekolah khususnya peserta didik. Implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture akan terlaksana dengan baik apabila semua komponen ikut terlibat sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis nilainilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PAI berbasis religious culture di SMA Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan dan menyajikan data. Hasil penelitian menggambarkan implementasi 18 nilai-nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional yang diwujudkan melalui berbagai aktivitas keagamaan yang sudah menjadi kebiasaan atau budaya di SMA Negeri 4 Purwokerto. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan melalui tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting) dan pembiasaan (habit). Keteladanan guru dan penciptaan suasana yang kondusif turut mendukung proses implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter, mata pelajaran PAI, religious culture
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:30
Last Modified: 17 Nov 2016 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item