Sri, Mulyani (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MADRASAH WUSTO KARANGSUCI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Sri Mulyani_Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Wustho Karangsuci Kabupaten Banyumas.pdf Download (897kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman matematis penting dimiliki oelh setiap siswa karena merupakan kemampuan dasar yang akan menunjang siswa menguasai kemampuan pemahaman matematis yang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis adalah bahan ajar yang dipakai dalam pembelajaran. Terbatasnya bahan ajar dalam pembelajaran akan berpengaruh terhadap pemahaman matematis siswa. Bahan ajar yang dipakai juga harus sesuai dengan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis materi statistika siswa kelas VIII Madrasah Wusto Karangsuci. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RnD) dengan quasi experiment dan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis etnomatematika valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Sebagaimana hasil validasi bahan ajar dengan skor 77,50% (valid), ahli materi dengan skor 90,91% (sangat valid), uji kelompok terbatas dengan skor 90,12% (sangat menarik), dan uji kelompok luas dengan skor 89,77% (sangat menarik). Kemudian, bahan ajar berbasis etnomatematika materi statistika dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII Madrasah Wusto Karangsuci Kabupaten Banyumas dengan skor N-Gain kelas eksperimen 0,52 dengan kategori sedang dimana skor itu lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,28 dengan katgori rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Bahan Ajar, Pemahaman Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sri Mulyani |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 06:28 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 06:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15878 |
Actions (login required)
View Item |