PERAN TENTOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI BIMBINGAN BELAJAR KUBISA

Esa, Rahmawati (2022) PERAN TENTOR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI BIMBINGAN BELAJAR KUBISA. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Esa Rahmawati_Peran Tentor dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Kelas IV di Bimbingan Belajar Kubisa.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran yang penting dalam proses pendidikan. Peran adalah seperangkat tingkat yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat. Sehingga peranan adalah bagian dari tugas utama yang harus dilaksanakan. Guru memiliki beberapa peran yang harus dilaksanakan guna meningkatkan mutu pendidikan. Peran dilaksanakan sebaik mungkin agar dapat secara efektif meningkatkan nilai tambah berasal dari factor-faktor input agar membentuk output setinggi-tingginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tentor dalam meningkatan prestasi belajar matematika kelas IV di Bimbingan Belajar Kubisa. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian yang menggunakan pendekatan field reseach (penelitian lapangan). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di Bimbingan Belajar Kubisa Desa Kedungbanteng Tahun 2022, kepala bimbingan belajar dan juga tentor. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik anaisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terakhir, untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian ini adalah peran tentor dalam meningkatkan prestasi belajar matematika di Bimbingan Kubisa. Peran ini akan diuraikan menjadi tiga peran yaitu peran tentor sebagai pendidik, peran tentor sebagai fasilitator dan peran tentor sebagai pengelola pembelajaran. Kata Kunci : Peran, Prestasi Belajar, Tentor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Prestasi Belajar, Tentor
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Esa Rahmawati sdri
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:55
Last Modified: 26 Sep 2022 07:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item