PENDIDIKAN SOCIAL SKILL DALAM KEGIATAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Hanna, Hanifah (2022) PENDIDIKAN SOCIAL SKILL DALAM KEGIATAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HANNA HANIFAH_PENDIDIKAN SOCIAL SKILL DALAM KEGIATAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hakikat pendidikan yang sesungguhnya ialah tidak hanya menstransfer ilmu, melainkan mentransfer keterampilan. Keterampilan akan membawa manfaat bagi kehidupan, apalagi manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang harus memiliki social skill untuk menjalani kehidupan. Dalam upaya untuk melatih keterampilan social skill pada siswa diperlukan adanya pendidikan social skill dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah salah satunya melalui Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan. Kegiatan tersebut tidak hanya mengedepankan hard skill, akan tetapi menampilkan aspek social skill. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana proses dan hasil dari pendidikan social skill peserta didik dalam gerakan kepanduan Hizbul Wathan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto Banyumas. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan metode yang digunakan tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan social skill dalam kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan bagi siswa di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto menggunakan pendekatan proses baik secara individual ataupun kelompok dengan memaksimalkan kompenen pendidikan melalui kurikulum, materi, dan metode pendidikan Hizbul Wathan. Sehingga dengan memaksimalkan komponen pendidikan tersebut menghasilkan dimensi social skill berupa keterampilan berhubungan dengan teman sebaya, pengaturan diri, akademik, kepatuhan, penegasan dan diwujudkan dalam sikap tawadhu’, empati, kerjasama, tanggung jawab, kesadaran berwarganegara, kejujuran, kepedulian, dan kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Social Skill, Kepanduan Hizbul Wathan
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanna Hanifah sdri
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:47
Last Modified: 26 Sep 2022 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item