Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah

Rohmad, Rohmad (2014) Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah. Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text
DISERTASI_ROHMAD_NIM 07.3.643-BRS3_ PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI DOMAIN AFEKTIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam disertasi ini adalah: Bagaimana pengembangan instrumen evaluasi untuk mengukur pencapaian tujuan domain afektif mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah. Secara lebih spesifik tujuan penelitian adalah menemukan instrumen penelitian yang valid dan reliabel untuk mengukur domain afektif mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah. Mengikuti R & D cycle Borg and Gall (1983), model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 10 langkah sebagai berikut: (1) Studi literatur tentang mata pelajaran Aqidah Akhlaq dan pengembangan instrumen evaluasi domain afektif di Madrasah Ibtidaiyah; (2) telaah standar kompetensi lulusan (SKL), standar kompetensi, dan kompetensi dasar (KD); (3) pengembangan indikator hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah; (4) pemilihan instrumen evaluasi untuk mengukur domain afektif dari mata pelajaran Aqidah Akhlaq; (5) penyusunan draf instrumen evaluasi domain afektif mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah dari kelas 1 s.d. kelas 6; (6) uji coba tahap I pada ruang lingkup terbatas di 3 Madrasah Ibtidaiyah; (7) analisis dan perbaikan terhadap hasil uji tahap ke 1; (8) uji coba tahap ke 2 pada skala yang lebih luas di 7 Madrasah Ibtidaiyah; (9) analisis uji coba tahap II -analisis validitas menggunakan Analisis Faktor dan analisis reliabilitas menggunakan teknik analisis reliabilitas Cronbach’s Alpha-; (10) evaluasi dan penyempurnaan terhadap hasil uji coba tahap II. Produk yang dihasilkan ada dua instrumen. Instrumen A untuk kelas 1 s.d. kelas 6, instrumen ini dikembangkan untuk mengukur domain afektif yang disesuaikan dengan standar kompetensi pada masing-masing kelas. Instrumen kelas 1 dikembangkan untuk orang tua dan guru kelas, instrumen kelas 2 untuk guru kelas, dan instrumen kelas 3, 4, 5, dan 6 untuk siswa. Instrumen B yang dikembangkan untuk siswa kelas 4, 5, dan 6, yang disebut Lembar Muhasabah. Setiap butir Instrumen B disediakan pilihan jawaban dan alasan jawaban. Hasil analisis Instrumen A: instrumen kelas 1 untuk guru kelas, seluruh butir (24 butir) yang dikembangkan valid; Instrumen kelas 1 untuk orang tua siswa 36 butir valid; Instrumen kelas 2 untuk guru kelas 35 butir valid; Instrumen kelas 3, 31 butir valid; Instrumen kelas 4, 32 butir valid; Instrumen kelas 5, 31 butir valid; Instrumen kelas 6, 26 butir valid. Hasil uji coba instrumen B (Lembar Muhasabah), untuk pilihan jawaban diperoleh 58 butir valid dan untuk pilihan alasan jawaban diperoleh 54 butir valid. Reliabilitas instrumen A rata-rata 0,948 (termasuk kategori sangat tingi). Dan Instrumen B (Lembar Muhasabah) 0,978 (termasuk kategori sangat tinggi). Dengan hasil ini instrumen evaluasi yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar domain afektif mata pelajaran Aqi>dah Akhla>q di MI.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Instrumen, Domain afektif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:31
Last Modified: 17 May 2023 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15840

Actions (login required)

View Item View Item