Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an (Kajian Terjemah Tafsir Al-Qur’an Surat Annisa Ayat 5-8)

DHIYAUL ISLAMIYATI, QURROTA A'YUN (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an (Kajian Terjemah Tafsir Al-Qur’an Surat Annisa Ayat 5-8). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DHIYAUL ISLAMIYATI QURROTA A'YUN_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN TERJEMAH TAFSIR AL-QUR'AN SURAT ANNISA AYAT 5-8).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada sekarang ini, yang menunjukkan bahwa pendidikan akhlak merupakan salah satu aspek yang urgen dan perlu diperhatikan. Tidak hanya itu, pendidikan akhlak juga senantiasa untuk diterapkan dalam dunia pendidikan Islam. Hal tersebut bertujuan agar generasi muda di masa yang akan datang terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam kehidupan sehari-hari banyak terjadi peristiwa yang kurang sesuai dengan apa yang telah diajarkan Islam terutama akhlak terhadap anak yatim. Oleh karena itu untuk menjelaskan dan meluruskan hal tersebut salah satu ayat Al-Quran yang berhubungan terdapat dalam Qs An-nisa ayat 5-8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian library research atau kepustakaan. Yang mana merupakan jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak didapatkan melalui prosedur-prosedur kuantitatif dan metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi, dan menggunakan metode analisis data berupa analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah tentang pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 5-8, penulis dapat menyimpulkan bahwa ayat tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, adapun nilai-nilai yang terkandung dalam ayat tersebut antara lain: Mengasihi anak yatim, Tidak memberikan wewenang terhadap golongan safih, senantiasa melakukan infaq, berkata dengan perkataan yang baik, bersikap adil dan tidak memakan harta anak yatim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Akhlak, Q.S An-Nissa ayat 5-8
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.31 Ilmu Tafsir
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhiyaul Islamiyati Qurrota A'yun sdr
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:32
Last Modified: 26 Sep 2022 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15832

Actions (login required)

View Item View Item