HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PUTRI MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH

Titis, Melindasari (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PUTRI MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Titis Melindasari....pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Santri Madrasah Diniyyah adalah seseorang yang belajar ilmu agama seperti mempelajari ilmu fiqih, tauhid, pegon, dan yang berkaitan dengan ilmu agama. Santri Madrasah Diniyyah sangat butuh dukungan dari teman sekitar yang nantinya akan tercapai target yang dicapai. Hal tersebut disebut motivasi belajar. Untuk mencapai target dari motivasi belajar ini santri membutuhkan dukungan sosial yang tinggi dari teman sebaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada santri putri di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional menggunakan rumus product moment. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling sensus atau sampling total sejumlah 119 santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan korelasi Product moment dengan bantuan Microsoft Exel 2013 dan program SPSS Statistic versi 22. Hasil yang diperoleh dari product moment antara variabel X dan variabel Y menunjukan nilai koefisien sebesar 0,410. Kemudian melihat r tabel dengan nilai N-2= r yaitu 119-2=117 diperoleh nilai sebesar 0,180 dengan taraf 5% dan kesimpulannya nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,410 > 0,180) sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada santri Madrasah Diniyyah di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil koefisien korelasi yang sebesar 0,410 yang berada diantara nilai 0,40 – 0,599 artinya bahwa hubungan antara variabel dukungan sosial dan motivasi belajar berada pada tingkat hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, motivasi belajar, santri madin, pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Titis Melindasari sdri
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:02
Last Modified: 26 Sep 2022 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15824

Actions (login required)

View Item View Item