INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI PEMBACAAN RUTIN RATIB AL-HADDAD DI MADRASAH DINIYAH AS-SALAFIYYAH YAZIDUL KHOIR KALIMANAH PURBALINGGA

Kiki Rizkhi, Amalia (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI PEMBACAAN RUTIN RATIB AL-HADDAD DI MADRASAH DINIYAH AS-SALAFIYYAH YAZIDUL KHOIR KALIMANAH PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KIKI RIZKHI AMALIA_INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI PEMBACAAN RUTIN RATIB AL-HADDAD DI MADRASAH DINIYAH AS-SALAFIYYAH YAZIDUL KHOIR KALIMANAH PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai agama Islam yang diajarkan dalam pendidikan formal masih hanya sebatas diajarkan dan diinformasikan saja atau hanya menekankan pada aspek kognitif. Hal ini menyebabkan siswa hanya sekedar mengetahui, tidak dapat tertanam dalam jiwa dan menjadi watak serta kepribadian bagi peserta didik. Sehingga diperlukan adanya pendidikan non formal untuk mendukung internalisasi nilai-nilai agama Islam. Usaha yang dapat dilakukan ini adalah melalui kegiatan rutin, salah satunya yaitu pembacaan Ratib Al-Haddad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui pembacaan rutin Ratib Al-Haddad. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Lokasi penelitian yang diteliti adalah Madrasah Diniyah As-Salafiyyah Yazidul Khoir Kalimanah Purbalingga. Dengan subjek penelitian yang meliputi; pengasuh, jama’ah rutinan, dan santri. Hasil penelitian tentang internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui pembacaan rutin Ratib Al-Haddad di Madrasah Diniyah As-Salafiyyah Yazidul Khoir Kalimanah Purbalingga bahwa proses internalisasi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: pertama, tahap transformasi nilai yang ditunjukkan dalam bentuk pembacaan Ratib Al-Haddad dan penyampaian kajian kitab Fiqih dan hadits Arba’in Nawawi. kedua, tahap transaksi nilai yang ditunjukkan dalam bentuk kegiatan ramah tamah setelah pembacaan Ratib Al-Haddad. Ketiga, tahap trans-internalisasi yang ditunjukkan dalam bentuk akhlakul karimah santri dan jama’ah. Adapun nilai-nilai agama Islam yang diinternalisasikan melalui pembacaan rutin Ratib Al-Haddad antara lain dzikrullah, taqarrub, ketentraman batin, tawakal, ukhuwah islamiyah, mempererat tali silaturahmi, bertambahnya ilmu, dan meningkatkan jiwa berkorban. Berdasarkan analisis teori konstruksi sosial Peter L. Berger bahwa, perilaku jama’ah dan santri yang mengikuti kegiatan pembacaan rutin Ratib Al-Haddad dipengaruhi oleh pengetahuan (eksternalisasi) yang dipengaruhi oleh dunia sosialnya berupa pengasuh, teman dan masyarakat sekitar. Kepercayaan (objektivasi) dipengaruhi oleh pengetahuan yang didapatkan berdasarkan informasi dan pengalaman. Serta tindakan (internalisasi) dihasilkan dari proses pengetahuan dan kepercayaan kemudian timbul suatu sikap atau perilaku positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai agama Islam, internalisasi, Ratib Al-Haddad
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kiki Rizkhi Amalia
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:39
Last Modified: 26 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15822

Actions (login required)

View Item View Item