ANALISIS KEPUASAN NASABAH DARI DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-CARTER (Studi Kasus Pada BPRS Khasanah Ummat Purwokerto)

Selitri, Melina (2022) ANALISIS KEPUASAN NASABAH DARI DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-CARTER (Studi Kasus Pada BPRS Khasanah Ummat Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Selitri Melina_Analisis Kepuasan Nasabah Dari Dimensi Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Fuzzy-CARTER.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk membuat konsumen merasa puas, maka kualitas pelayanan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu perusahaan jasa, dimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa ini akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Jika kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak manajereial baik, maka akan terciptanya rasa puas atas pelayanan yang diberikan, hal ini akan menumbuhkan sikap loyal para nasabahnya dan mendorong word of mouth yang positif dan sebagai asumsi dari kepuasan nasabah. Peneliti ini mengkaji mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh BPRS Khasanah Ummat dengan mengukur nilai gap yaitu kesenjangan antara pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan oleh nasabah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan kepuasan nasabah di BPRS Khasanah Ummat dengan menggunakan metode Fuzzy-CARTER. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 286 nasabah aktif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kepuasan nasabah atas kualitas pelayanan yang diberikan pihak BPRS Khasanah Ummat dari 6 dimensi CARTER, 5 diantaranya nasabah merasa puas atas pelayanan ada dimensi compliance, assurance, reliability, tangibles, responsiveness, namun nasabah belum merasa puas atas pelayanan pada dimensi emphaty, sehingga perlu adanya perbaikan dengan lebih memperhatikan dan memahami kebutuhan nasabah. 2) Tingkat kepuasan nasabah atas kualitas pelayanan secara keseluruhan menggunakan pengukuran model CARTER dapat dikatakan memuaskan dan tidak terdapat kesenjangan antara persepsi yang dirasakan dengan harapan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Metode Fuzzy-CARTER, BPRS Khasanah Ummat.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Selitri Melina sdri
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:29
Last Modified: 26 Sep 2022 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item View Item