KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III MI MUHAMMADIYAH BOJONGSANA KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Irma, Purnamasari (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III MI MUHAMMADIYAH BOJONGSANA KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Irma Purnamasari_Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas III MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar di dalam pendidikan sangatlah penting, karena dengan hasil belajar yang baik akan meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya di MI Muhammadiyah Bojongsana Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga merupakan sekolah yang memiliki prestasi yang baik dari segi pelajaran keislaman, salah satunya dalam pelajaran Fiqih. Dalam pembelajaran Fiqih guru telah menerapkan kreativitas dalam mengajar seperti menerapkan metode yang bervariasi, penggunaan media yang kreatif dan dapat mengelola kelas dengan membuat suasana menjadi menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas III di MI Muhammadiyah Bojongsana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas III MI Muhammadiyah Bojongsana mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan guru yang biasanya memberikan motivasi pada peserta didik, baik pada tahap pendahuluan, tahap inti atau memasuki kegiatan pembelajaran guru biasanya memberikan motivasi berupa kreativitas yang berbentuk media atau alat peraga untuk memberikan materi, kreativitas yang paling menonjol pada penelitian ini adalah guru memberikan hadiah kepada peserta didik yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, hal ini sebagai motivasi supaya peserta didik yang lain perlomba-lomba untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran dan tentunya nanti hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IRMA PURNAMASARI sdri
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:30
Last Modified: 22 Sep 2022 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15790

Actions (login required)

View Item View Item