MAKNA TRADISI RUWATAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI BULAN MUHARAM DI DESA PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Ajeng, Nur Annisa (2022) MAKNA TRADISI RUWATAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI BULAN MUHARAM DI DESA PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (MAKNA TRADISI RUWATAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI BULAN MUHARAM DI DESA PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS)
AJENG NUR ANNISA_SPI_1817503003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ruwatan merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pageralang dalam rangka memperingati bulan Muharam atau yang dikenal dengan bulan Suro. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah diberikan baik berupa keimanan, kesehatan, kekayaan dan juga tanah yang menjadi tempat berpijak. Tradisi ruwatan ini terdiri dari beberapa prosesi yaitu santunan anak yatim dan kaum dhuafa, sedekah bumi, gunungan dan diakhiri dengan pertunjukan wayang kulit. Tradisi ruwatan ini di teliti untuk mengetahui bagaimana awal mula adanya tradisi ruwatan, prosesi serta maknanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana prosesi tradisi ruwatan beserta maknanya masing-masing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian budaya. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer meliputi observasi langsung ketika tradisi ruwatan dilaksanakan, wawancara dengan beberapa narasumber tentang tradisi ruwatan serta dokumentasi yang akan menguatkan data. Kemudian sumber sekunder meliputi buku, jurnal dan artikel. Inti dari penelitian ini yaitu membahas mengenai prosesi tradisi ruwatan beserta maknanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Ruwatan, Syukur, Muharam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ajeng Nur Annisa sdri
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:23
Last Modified: 22 Sep 2022 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item