PENERAPAN MODUL AL-MIFTAH LIL ‘ULUM DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN PASIR WETAN KARANGLEWAS BANYUMAS

Agil, Arbagus Tamil (2022) PENERAPAN MODUL AL-MIFTAH LIL ‘ULUM DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN PASIR WETAN KARANGLEWAS BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1817403047 Agil Arbagus Tamil .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari suatu ilmu, diperlukan sebuah metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sama halnya dengan pondok pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Karanglewas Banyumas dalam mempelajari ilmu Nahwu Sharafnya menggunakan modul Al-Miftah Lil ‘Ulum. Penggunaan modul Al-Miftah Lil ‘Ulum yang digunakan pondok pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Karanglewas Banyumas ini tidak terlepas dari stigma santri bahwa mempelajari ilmu Nahwu Sharaf itu sulit dan menarik minat santri dalam mempelajari Nahwu Sharaf tidak menggunakan metode klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana penerapan modul Al-Miftah Lil ‘Ulum dalam pembelajaran Nahwu Sharaf di pondok pesantren Nurul Iman Pasir Wetan Karanglewas Banyumas dengan fokus memecahkan stigma Nahwu Sharaf itu sulit, kendala dan respons santri terhadap belajar ilmu Nahwu Sharaf menggunakan modul Al-Miftah Lil ‘Ulum. Jenis penelitian ini field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisnya dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Al-Miftah Lil ‘Ulum di pondok pesantren Nurul Iman menjadi lebih mudah sehingga memecahkan stigma bahwa Nahwu Sharaf itu sulit. Proses/tahapan penerapannya, terdapat persiapan, pembelajaran, (pembukaan, kegiatan, penutup), evaluasi (pusat dan tes). Pertama guru menyiapkan bahan materi yang akan dipelajari setiap jilidnya, kemudian guru menjelaskan materi tersebut. Setelah menjelaskan guru melakukan tanya jawab dengan santri. Kemudian guru memerintahkan santri untuk mengerjakan latihan-latihan dengan diskusi, lalu santri menuliskan hasilnya di papan tulis dan dibahas bersama-sama. Guru juga memberikan penugasan. Terdapat beberapa kendala dalam menerapkan modul Al-Miftah Lil ‘Ulum di pondok pesantren Nurul Iman, diantaranya: kurangnya tenaga pengajar/bantu, jadwal yang kurang dan bertabrakan, belum fokus kajian. Kata kunci: Al-Miftah Lil ‘Ulum, Nahwu, Sharaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Miftah Lil ‘Ulum, Nahwu, Sharaf
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Agil Arbagus Tamil
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:26
Last Modified: 11 Oct 2022 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15778

Actions (login required)

View Item View Item