PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (STUDI PADA KOTA INDRAMAYU)

Irbah, Shahrifah (2022) PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (STUDI PADA KOTA INDRAMAYU). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IRBAH SHAHRIFAH_PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (Studi Pada Kota Indramayu).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Finansial teknologi adalah sebuah inovasi. pada industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Keberadaan finansial teknologi menjawab berbagai kebutuhan akan produk dan layanan finansial, khususnya di Indonesia. Dengan kemudahan akses, proses yang cepat dan benefit atau promo yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kepercayaan, kemudahan, keamanan, dan religiusitas terhadap minat bertransaksi menggunakan teknologi finansial pada generasi milenial di Kota Indramayu. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh dari variabel persepsi kepercayaan, kemudahan, keamanan, dan religiusitas secara parsial dan simultan terhadap minat generasi milenial menggunakan finansial teknologi. Populasi dalam penelitian ini yaitu generasi milenial di Kota Indramayu khususnya milenial muslim. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden sebanyak 100 sampel melalui teknik sampling purposive. Berdasarkan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas yang telah dilakukan terhadap jawaban responden bahwa tidak ditemukan penyimpangan-penyimpangan asumsi dasar dalam melakukan pengujian sehingga data yang digunakan telah memuhi, untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan metode SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kepercayaan dan keamanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menggunakan fintech, akan tetapi pada variabel persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan fintech, begitupun variabel religiusitas dalam penelitian ini memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap minat generasi milenial di Kota Indramayu dalam menggunakan fintech. Tetapi secara simultan variabel persepsi kepercayaan, kemudahan, keamanan, dan religiusitas memiliki pengaruh yang singnifikan terhadap minat generasi milenial bertransaksi menggunakan financial technology di Kota Indramayu. Kata Kunci: Persepsi Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan, Religiusitas, Minat, Generasi Milenial, Financial Technology.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Religiusitas, Minat, Generasi Milenial, Financial Technology
Subjects: 200 Religion > 204 Special topics
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
700 The arts > 707 Education, research, related topics
700 The arts > 709 Historical, areas, persons treatment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Irbah Shahrifah
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:07
Last Modified: 20 Sep 2022 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15766

Actions (login required)

View Item View Item