ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN OJEK ONLINE ITEJEK BUMIAYU

Mya Diva, Alviana (2022) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN OJEK ONLINE ITEJEK BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mya Diva Alviana_Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Ojek Online Itejek Bumiayu.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ojek online merupakan bisnis yang bergerak di bidang transportasi dengan memanfaatkan teknologi internet. Kebutuhan transportasi merupakan kebutuhan turunan akibat aktivitas ekonomi, sosial dan sebagainya. Ojek online Itejek Bumiayu Kabupaten Brebes merupakan penyedia layanan ojek online pertama di Kecamatan Bumiayu, bahkan Itejek dikenal sebagai pelopor ojek online lokal sebelum Gojek dan Grab masuk ke Kecamatan Bumiayu. Itejek bermitra dengan pengendara ojek lokal guna menyediakan fasilitas layanan tepercaya yang tentunya dengan tarif yang terjangkau serta dapat memberikan tawaran fasilitas seperti food, shop, send, pay dan Box adapun cara memesan Itejek adalah cukup melalui WhatsApp. Keunikan dari ojek online Itejek adalah tidak melayani penumpang, Itejek merupakan kurir antar jemput barang. Dengan diketahuinya keinginan konsumen, Itejek terus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi kualitas dan layanan. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan seperti barang atau jasa yang mempunyai nilai dan kualitas. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana kepuasan pelanggan terhadap pelayanan ojek online Itejek Bumiayu. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuisioner kepada 25 responden. Dalam menganalisis data penulis melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan secara umum sudah baik, sehingga pelanggan merasakan adanya kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan dalam jasa transportasi online yaitu Itejek. Diharapkan Itejek Bumiayu mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih luas dan tidak hanya berpatok pada pelayanan dan kepuasan pelaanggan. Kata kunci: Ojek Online, Kepuasan Pelanggan, Itejek Bumiayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ojek Online, Kepuasan Pelanggan, Itejek Bumiayu.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Mya Diva
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:38
Last Modified: 20 Sep 2022 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item