URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DALAM PANDANGAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SOKANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS

Laili, Nurul Hidayah (2022) URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DALAM PANDANGAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SOKANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAILI NURUL HIDAYAH_URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DALAM PANDANGAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SOKANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Islamic religious education in schools has an important role in the development of students' lives, the formation of students' ethics and morals. Islamic religious education is now facing the challenges of modern life where Islamic religious education must be able to adapt to changes in modern society. This study aims to describe the urgency of Islamic religious education in schools in the view of the community in Sokanegara Village, East Purwokerto District, Banyumas and what are the background views of the Sokanegara Village community towards the urgency of Islamic religious education in schools. The results of this study indicate that the people of Sokanegara Village view that Islamic religious education is very important. People's thinking has advanced and understands the importance of Islamic religious education in schools, is seen as important by the community because it can help in the formation of good morals, understand the procedures for worship and how to apply them, and understand in distinguishing between good and bad things. Then the background of the views of the people of Sokanegara Village on the urgency of Islamic religious education in schools depends on several factors, namely, educational experience, family environment and community environment. Pendidikan agama Islam kini menghadapi tantangan kehidupan modern dimana pendidikan agama Islam harus dapat beradaptasi dengan perubahan masyarakat modern. Di lingkungan Desa Sokanegara, dimana perkembangan zaman yang semakin maju seperti saat ini dan semua hal dapat di akses dengan mudah melalui handphone, didukung dengan kurangnya pengawasan dari orang tua dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan agama Islam, yang berakibat anak menjadi tidak terarah. Dengan hal ini, pendidikan agama Islam di sekolah tentu sangat membantu dalam perkembangan peserta didik agar memiliki akhlak yang baik, dan lebih terarah dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana urgensi pendidikan agama Islam di sekolah dalam pandangan masyarakat di Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur, Banyumas dan apa saja latar belakang pandangan masyarakat Kelurahan Sokanegara terhadap urgensi pendidikan agama Islam di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masyarakat Desa Sokanegara memandang bahwa pendidikan agama Islam sangat penting. Pemikiran masyarakat sudah maju dan paham akan pentingnya pendidikan agama Islam di sekolah, dipandang penting oleh masyarakat karena dapat membantu dalam pembentukan akhlak yang baik, mengerti tata cara ibadah serta cara mengaplikasikannya, dan paham dalam membedakan mana hal yang baik ataupun hal yang buruk. Kemudian latar belakang pandangan masyarakat Desa Sokanegara terhadap urgensi pendidikan agama Islam di sekolah tergantung dalam beberapa faktor yaitu, pengalaman pendidikan, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Islam Religious Education, Schools, People’s Thinking Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Sekolah, Pandangan Masyarakat
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laili Nurul Hidayah sdri
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:30
Last Modified: 20 Sep 2022 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15755

Actions (login required)

View Item View Item