IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI MAARIF NU KARANGDADAP KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

LAELI MUBAROK, MUBAROK (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI MI MAARIF NU KARANGDADAP KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. KH SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TESIS LAELI MUBAROK (Revisi).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang gambaran mengenai problematika perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penilaian autentik pada guru di MI Maarif NU Karangdadap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi penilaian autentik di MI Marif NU Karangdadap dan problematika penilaian autentik di MI Maarif NU Karangdadap Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika berfikir ilmiah. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implememtasi penyusunan instrumen penilaian autentik pada semua kompetensi mengalami kendala yang berbeda dalam hal penyusunan instrumen yang sesuai dengan kondisi peserta didik yang diamati beragam. Dalam hal ini, problematika yang dihadapi adalah penentuan skala instrumen karena belum ada format skala instrument yang ditetapkan di MI Maarif NU Karangdadadap Kalibagor membuat skala instrumen sesuai dengan keinginannya sendiri yang akan menyebabkan tujuan akhir penilaian sikap oleh setiap guru mata pelajaran akan berbeda-beda ketika menyusun RPP. 2. Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 banyak aspek yang harus dinilai oleh, yaitu mencangkup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, terutama pada aspek afektif guru masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian, karena berdasarkan tuntutan keharusan yang harus dinilai adalah pada semua aspek sikap dari peserta didik.Pelaksanaan penilaian autentik yang diterapkan di MI Maarif NU Karangdadap sama memiliki bayak kendala salah satunya dalam pelaksanaan penilaian sikap 3). Dalam pelaporan hasil penilaian autentik di MI Maarif NU Karangdadap adalah belum mampu dalam pengolahan hasil penilaian autentik kompetensi sikap dan Belum ada rekap nilai khusus penilaian sikap bahkan guru tidak memiliki aplikasi raport Kurikulum 2013 Kata Kunci: Problematika, Penilaian Autentik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
300 Social sciences > 370 Education
800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laeli Mubarok sdri
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:11
Last Modified: 19 Sep 2022 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item