ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PADA INVESTOR SAHAM SYARIAH DI KABUPATEN BANYUMAS)

Adam, Fanny Mahdi Alhaq (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PADA INVESTOR SAHAM SYARIAH DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Adam Fanny Mahdi Alhaq_Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada Investor Saham Syariah di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, semakin tinggi investasi maka pertumbuhan ekonomi nasional akan meningkat. Indonesia memiliki petensi menumbuhkan pasar modal syariah melihat jumlah penduduk muslim Indonesia terbanyak di dunia. Pertumbuhan jumlah saham syariah juga mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir dengan jenis produk syariah yang bervariasi seperti saham syariah, sukuk, reksadana hingga exchange traded funds (ETF) syariah. Pertumbuhan investor di Kabupaten Banyumas tidak lepas dari peran pemerintah, lembaga keuangan, serta perguruan tinggi dalam mengedukasi pentingnya berinvestasi. Penelitian ini memfokuskan pada analisis faktor-faktor yang mempengaruhi serta faktor mana yang dominan terhadap keputusan investasi di Bursa Efek Indonesia studi kasus pada investor saham syariah di Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik non-probability sampling yaitu metode sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 160. Peneliti menentukan ada 32 indikator yang mempengaruhi keputusan investasi yang terdiri dari financial literacy, overconfidance, herding, risk aversion, personal value, religiousity, financial tool and techniques, dan corporate governance sebagai variabel laten yang dapat merefleksikan konstruk investment decision. Teknik analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) 2nd Order type reflektive-reflektive. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa financial literacy, overconfidance, herding, risk aversion, personal value, religiousity, financial tool and techniques, dan corporate governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Kemudian, faktor yang dominan terhadap keputusan investasi investor saham syariah di Kabupaten Banyumas adalah variabel religiousity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Keputusan Investasi, Saham Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Adam Fanny Mahdi Alhaq sdr
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:54
Last Modified: 19 Sep 2022 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item View Item