IMPLEMENTASI APLIKASI EDMODO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KEDUNGREJA

ZUHRIYATUL, KHOERIYAH (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI EDMODO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KEDUNGREJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZUHRIYATUL KHOERIYAH_IMPLEMENTASI APLIKASI EDMODO PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN GAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 KEDUNGREJA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan ajaran-ajaran Islam dengan suatu kegiatan bimbingan dan ajaran terhadap peserta didik agar nantinya setelah menyelesaikan pendidikan mereka dapat memahami, menghayati kemudian meyakini secara keseluruhan. Pada masa pandemi, pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dengan menggunakan media pembelajaran secara digital. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kedungreja dilakukan dengan melalui aplikasi edmodo. Penelitian yang berjudul “Implementasi aplikasi edmodo pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kedungreja” bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi edmodo pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kedungreja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Kedungreja. Dengan subyek penelitian yakni : Guru PAI, siswa kelas 8A, dan administrator. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti terjun langsung ke lapangan guna mengambil data dari narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi edmodo dapat membantu siswa pada proses pembelajaran. Aplikasi ini tidak hanya sebagai alat belajar, tetapi dapat juga sebagai wadah untuk mendorong pembelajaran bagi guru agar lebih kreatif dalam mengajarkan materi-materi di sekolah. Pada hal ini, ketika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, aplikasi edmodo dapat mewadahi siswa dalam berinteraksi di dalam suasana belajar yang kondusif meskipun dalam keadaan pembelajaran daring. Selain itu, penggunaan aplikasi edmodo dapat mengajarkan para siswa berperilaku dan bertanggung jawab pada pembelajaran yang diikutinya secara daring agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar dan tertib. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Aplikasi Edmodo, kreatif, kondusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Aplikasi Edmodo, kreatif, kondusif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zuhriyatul Khoeriyah sdr
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:51
Last Modified: 16 Sep 2022 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15729

Actions (login required)

View Item View Item