PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERBANKAN SYARIAH SELAMA PANDEMI CORONA VIRUS 19 (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2020-2021)

Astuti, Noviani (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERBANKAN SYARIAH SELAMA PANDEMI CORONA VIRUS 19 (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2020-2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ASTUTI NOVIANI_PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG)TERHADAP KINERJA PERBANKAN SYARIAH SELAMA PANDEMI CORONA VIRUS 19 (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan Good Corporate Governance saat ini telah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan. Perusahaan harus siap menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian yang ditimbulkan akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris, dewan direksi, komite audit dan dewan pengawas syariah terhadap kinerja perbankan syariah di masa pandemi COVID-19. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan tahunan perusahaan dan laporan Good Corporate Governance perusahaan perbankan syariah tahun 2020-2021 yang diperoleh dari website resmi masing-masing perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2020-2021 yang berjumlah 12 Bank Umum Syariah dan 20 Unit Usaha Syariah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dan dewan pengawas syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan sertasecara simultan dewan komisaris, dewan direksi, komite audit dan dewan pengawas syariah berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Bank Umum Syarih, Unit Usaha Syariah, Kinerja keuangan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Astuti Noviani
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:43
Last Modified: 16 Sep 2022 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15719

Actions (login required)

View Item View Item