INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK SEBAGAI WUJUD AKTUALISASI DIRI DALAM PENCIPTAAN PUISI ABDUL WACHID B.S.

Ulfah, Ayu Widyawati (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK SEBAGAI WUJUD AKTUALISASI DIRI DALAM PENCIPTAAN PUISI ABDUL WACHID B.S. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ulfah Ayu Widyawati_INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFETIK SEBAGAI WUJUD AKTUALISASI DIRI DALAM PENCIPTAAN PUISI ABDUL WACHID B.S..pdf

Download (962kB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk holistic, hal itu tidak lepas akan munculnya kebutuhan–kebutuhan alamiah yang dibawa sejak lahir. Diungkapkan oleh Maslow dalam hierarki kebutuhan, dimana kebutuhan manusia bertingkat seperti suatu tangga, kebutuhan – kebutuhan itu berupa kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tokoh. Penulis memilih Abdul Wachid B.S., sebagai subjek penelitian yang mana dianggap telah mengaktualisasi diri melalui puisi. Di pencapaiannya saat ini, menulis puisi bukan lagi sebagai media untuk memenuhi kebutuhan tetapi eksistensinya sebagai penyair. Disisi lain Abdul Wachid B.S. terkenal dengan karya-karyanya yang islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pendalaman nilai profetik yang diwujudkan sebagai aktualisasi diri Abdul Wachid B.S., dalam puisi-puisinya. Nilai profetik ini menginduk pada sastra profetik Kuntowijoyo yang bersandar pada Ali-Imron ayat 110. Dimana esensi dari nilai profetik ini adalah Habluminnallah, Habluminannas dan Pribadi Mukmin. Pemilihan nilai profetik ini pula berdasarkan dari sifat kebutuhan manusia yang memiliki dua dimensi, jasmani dan rohani. Hasil dari penelitian ini mendapatkan Internalisasi nilai profetik sebagai esensi Habluminnallah sebagai wujud aktualisasi diri Abdul Wachid B.S. dalam perspektif puisi-puisinya dengan melihat kehidupan yang lebih bermakna sebagai eksistensi keilahian, Habluminannas (hubungan antar manusia) merupakan realisasi dari hubungan dengan Tuhan yang menjadi internalisasi nilai profetik sebagai wujud aktualisasi diri Abdul Wachid B.S. dalam bilma’ruf wa mauidhotul hasanah, internalisasi nilai profetik dari representasi Habluminnallah wa Habluminannas ini mendapatkan Abdul Wachid B.S., merupakan sosok pribadi mukmin dalam puisi-puisi di Antologi Puisi Biyanglala sebagai wujud aktualisasi diri Abdul Wachid B.S.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai profetik, aktualiasasi diri, puisi.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ULFAH AYU WIDYAWATI sdri
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:49
Last Modified: 12 Sep 2022 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15693

Actions (login required)

View Item View Item