ART THERAPY DALAM MENGATASI TRAUMA PADA ANAK KORBAN KEKERASAN FISIK, PSIKOLOGIS, DAN SEKSUAL PADA FILM HOPE KARYA LEE JOON-IK

Alfi, Nurhayati (2022) ART THERAPY DALAM MENGATASI TRAUMA PADA ANAK KORBAN KEKERASAN FISIK, PSIKOLOGIS, DAN SEKSUAL PADA FILM HOPE KARYA LEE JOON-IK. Skripsi thesis, UIN PROF K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALFI NURHAYATI 1817101046.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kasus kekerasan kepada anak di Indonesia. Kondisi anak yang tak berdaya banyak dimanfaatkan oleh orang dewasa untuk dijadikan sebagai pelampiasan, hal ini terjadi khususnya pada kekerasan fisik dan seksual. Kekerasan yang terjadi dapat meninggalkan berbagai penyakit mental pada anak salah satunya adalah trauma. Untuk mengatasi rasa trauma pada anak, harus menggunakan metode yang bervariasi agar sesuai dengan tumbuh kembangnya. Seperti pada film Hope Karya Lee Jon Ik yang menceritakan bagaimana penyembuhan trauma pada anak menggunakan terapi seni/ Art Therapy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan art therapy yang dilakukan dalam film Hope Karya LeeJon Ik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif diadopsi dalam penelitian ini. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah film Hope Karya Lee Jon-Ik, sedangkan data-data lain yang sesuai dan relevan dengan kajian dalam penelitian ini dijadikan sebagai sumber sekunder. Hasil dari penelitian inimenunjukan bahwa Art Therapy yang diterapkan dalam film Hope mampu menjadi salah satu terapi untuk trauma anak dan sesuai dengan kajian teorinya. Pada teori pembahasan mengenai tahapan art therapy yang sesuai dengan film drama korea ini dapat mengimplementasikan art therapy dengan sangat baik dan efektif dalam mengatasi trauma pada anak korban kekerasan fisik, psikologis, dan seksual. Hal tersebut bisa dilihat dari perubahan emosional anak dari awal terapi dengan emosionalnya pada akhir terapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Art Therapy, Trauma, Kekerasan Terhadap Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 109 Historical treatment of philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfi Nurhayati sdri
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:33
Last Modified: 09 Sep 2022 07:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item