EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

KHAMIM, KHAMIM (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tesis_201763035_Khamim_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang kompleksitasnya mencakup kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Pada mata pelajaran Matematika kemampuan matematis yang hendaknya dikuasai di tingkat dasar adalah pemahaman konsep matematis, penalaran matematis, dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal yang juga penting untuk dimiliki dari adanya pembelajaran Matematika adalah disposisi matematis atau sikap peserta didik terhadap Matematika. Disposisi matematis yang dimiliki peserta didik hendaknya adalah sikap yang bersifat positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan contextual teaching and learning dengan pemanfaatan media lingkungan madrasah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik kelas V (lima) pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Berdasarkan hasil uji N-Gain ternormalisasi dengan uji t pada hasil nilai pemecahan masalah dan skor disposisi matematis dinyatakan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan contextual teaching and learning melalui pemanfaatan media lingkungan madrasah adalah efektif. Indikator keefektivan pendekatan tersebut terhadap pemecahan masalah dilihat dari hasil nilai N-Gain pretes-posttest yaitu 0,718, sedangkan untuk disposisi matematis terlihat dari nilai skor disposisi matematis yang didapatkan kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Contextual Teaching and Learning, Media Lingkungan Madrasah, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khamim Khamim sdr
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:28
Last Modified: 05 Sep 2022 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item View Item